Selasa, 17 Juli 2012

Sebuah Kampanye #ayojadicomic


Hiburan sekarang sudah banayk variasinya, mulai dari music, sulap, talk show dan sebagainya. Tapi belakangan telah berkembang di masa sekarang yang sangat di gandrungi anak muda, Stand Up Comedy. Berkembang nya jenis hiburan yang satu ini karena banyak factor; internet, TV atau bahkan DVD. Di Indonesia perkembangannya dimulai dengan istilah “Komedi Tunggal” yang sering disebut “KOMTUNG” dan istilah tersebut dalam kalangan kominitas sering menyebut nya dengan “VIVA LA KOMTUNG”, meskipun artinya berbeda tetapi istilah “KOMTUNG” tetap mengikuti nya.
Sebelum mari kita telaah, para penampil nya sering disebut Comic alias Stand Up Comedian atau Stand Up Comic. Biasa nya para comic membawakan joke atau cerita lucu yang mereka tulis sendiri. Untuk menjadi comic tidak lah sulit, mari kita pelajari step – step nya:
1.      Belajar dari yang sudah mahir / professional
Disini nanti anda akan melihat bagaimana seorang comic profesional membawakan sebuah joke. Yang pastinya akan mengocok perut anda, dari situlah anda akan mendapatkan inspirasi dari penampilan mereka.
2.      Kumpulkan atau cari bahan
Dalam step ini, anda harus mempersiapkan bahan atau materi yang akan di tampilkan saat anda mencoba stand up comedy. Menurut @papazidan1 (salah seorang comic @StandUpCiledug), “comic itu mesti cerdas, bahkan sebuah ketidak lucuan pun bisa menjadi bahan tertawaan. Gali materi dari diri sendiri, karena berjuta bahan bisa dieksplor dari sana” 
3.      Susun ulang bahan atau materi
Dalam step ini bahan yang telah anda dapatkan, anda susun ulang yang telah anda cari sebelum nya.
4.      Mencari tempat untuk tampil
Sebelum anda membawakan joke dalam stand up comedy yang sesungguh nya, anda bisa mencoba materi anda yang anda tulis sendiri tadi ke suatu tempat / cafĂ© yang biasa nya kita sebut “Open Mic”
Dari point nomor 4 diatas, saya akan coba sedikit perluas lagi, khusus nya kata “Open Mic”. Menurut saya Open Mic adalah media untuk mencoba, belajar dan berlatih Stand Up Comedy. Tidak ada syarat khusus untuk ikut apalagi bayar. Kita bisa belajar dari berpuluh – puluh buku dan berguru dari banyak guru. Tapi belum pernah naik ke panggung Open Mic maka, tidak akan pernah kita disebut sebagai seorang Stand Up Comedian atau Comic.
Dari point tadi, ada seorang comic profesional, Pandji Pragiwaksono (@pandji) menjelaskan, “I don’t like open mic, but, I have to” kemudian, “ngegig (stand up yang dibayar) itu lebih nyaman bagi gue dari pada open mic. Ngegig pasti bawain bit yang sudah terlatih. Open Mic bawain bit – bit baru. Resoki nge – bom tinggi.” Terus “nonton rekaman open mic untuk evaluasi juga pahit banget. Trauma bagian – bagian nge – bom nya. Tapi musti begitu, kita susah maju kalau gak mau ngaku gagal.” Pamungkas nya “makanya kepada para komika, jangan gentar kalo pas ngebom di open mic. Emang itu tempat nya. Kita ngebom pas latihan biar pas dibayar udah lebih baik”
Tidak kalah menarik ucapan serang @robert17412 (Robert Simatupang, comic house of @StandUpIndo_BKS) “menurut gua, membuat perubahan itu sama dengan mencoba menjadi comic! Yang pertama harus ada niat dan passion! Kemauan yang kuat untuk mencoba” yang kedua “berani memulai dan mencoba! Gagal atau nge – bom! Coba lagi! Belajar dari kegagalan dan open mic lagi! Menikmati proses untuk menjadi lebih baik.” Dan itu pun di amini oleh @papazidan1 yang beranggapan “nge – gede – in komunitas (@StandUpCiledug) itu, bikin antrian panjang buat open mic, so come and join us”
Dan yang terakhir Saya, mendapat link dari sebuah situs video berasal dari teman yang kuliah di jogja tapi tinggal di ciledug @dantootnad (Herdanto Nugroho) http://youtu.be/juHKsNpMC5k (jangan takut mencoba stand up comedy), dan Saya yakin setelah anda membuka link dan menonton video nya anda akan bersemangat untuk mencoba open mic dan membuat pilihan menjadi seorang comic.
Sebagai penutup dari kampanye ini, Saya mengajak semua kalangan, di seluruh Indonesia untuk mulai membuat pilihan untuk berani mulai menulis, mencoba atau menjajal panggung open mic dimana pun dan menjadi seorang comic atau stand up comedian… #ayojadicomic.

Thanks to: @ramonpapana (ramon papana), @papazidan1 (Encep Subhan), @robert17412 (Robert Simatupang), @dantootnad (Herdanto Nugroho), @pandji (Pandji Pragiwaksono), Seluruh admin Stand Up Comedy regional / institusi, para comic dibawah naungan @StandUpIndo maupun yang tidak, serta para komika pemula di home base Saya @StandUpCiledug, Hormat Saya pada Anda semua Pencinta Stand Up Comedy…
Written by: @paduwi

Comment Using Facebook

Tidak ada komentar:

Posting Komentar